Pengukuhan Bunda PAUD Nagori dan Kelurahan Se-kecamatan Raya
Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasholan Sinaga menghadiri pengukuhan Bunda PAUD Nagori da...
PAIMA TOKKIN.....
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
METODE |
WAKTU |
KETERANGAN |
1 |
Pelantikan Bunda PAUD Kecamatan Se-Simalungun |
Agar Para Bunda PAUD Kecamatan juga ikut berperan dalam melaksanakan program yang baik untuk Lembaga PAUD di kecamatan masing-masing. |
Bunda PAUD Kecamatan |
Dilaksanakan secara bersama-sama dengan 32 Kecamatan lainnya. |
Februari |
Kepanitiaan adalah Pokja Bunda PAUD |
2 |
Lomba Bunda PAUD Berprestasi Tingkat Kecamatan |
Promosi dan KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi) tentang perannya dalam mendukung program PAUD |
BUNDA PAUD KECAMATAN / NAGORI |
Bunda PAUD Kecamatan / Nagori mengirim profil dan video kegiatan terkait PAUD |
1 kali |
Juri dari POKJA Bunda PAUD |
3 |
Lomba PAUD HI terbaik |
Monitoring, evaluasi dan memilih PAUD terbaik/ unggulan. |
Lembaga PAUD |
Diikuti semua Lembaga PAUD wakil dari 32 Kecamatan, mengirim profil dan video dipilih 6 PAUD HI untuk dikunjungi. |
1 kali 6 kunjungan yang terbaik |
Tim juri terdiri dari Pokja Bunda PAUD, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan. |
4 |
Gebyar PAUD |
Memotivasi dan memberikan kesempatan pada anak usia dini dalam mengekspresikan kemampuannya. |
Anak PAUD |
Dilaksanakan Lomba-Lomba Edukatif Yang Akan Diikuti Oleh Anak PAUD dari Perwakilan 32 Kecamatan Se-Simalungun. |
Maret |
Akan dilaksanakan seleksi disetiap kecamatan. |
5 |
Hari Anak Nasional |
Sebagai momentum untuk menunjukkan keperdulian terhadap anak dalam pemenuhan hak anak |
Anak PAUD |
Akan dilaksanakan Akan Diikuti Oleh Anak dari 32 Kecamatan Se-Simalungun. |
23 Juli |
Dapat bergabung dengan DPPA dan peserta didik SD/SMP |
6 |
Penanaman Pohon Bersama Bunda PAUD dan Anak PAUD |
Untuk mengajarkan pembiasaan baik mencintai lingkungan pada anak PAUD |
Anak PAUD, Bunda PAUD Kabupaten, Kecamatan, Nagori/ Kelurahan |
Pengadaan Bibit dapat bekerjasama dengan OPD terkait. |
Maret – Juli |
|
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
METODE |
WAKTU |
KETERANGAN |
7 |
Pemberian Bibit Sayur/Buah/Bunga kepada Lembaga PAUD |
Memotivasi Pemanfaatan Pekarangan Sekolah |
Lembaga PAUD, Anak PAUD |
Penyerahan dan Penanaman dilakukan bersama para Bunda PAUD Kabupaten, Kecamatan, Nagori/Kelurahan |
April |
Proses awal hingga masa panen nanti dapat didokumentasikan oleh pihak sekolah dan diunggah pada media sosial. |
8 |
Pengenalan Permainan Edukatif Berbasis Seni Budaya Lokal |
Melestarikan Budaya Asli Daerah dengan Permainan yang menyenangkan |
Lembaga PAUD, Anak PAUD |
Permainan dapat dirancang sedemikian rupa supaya tetap menarik bagi AUD |
April |
Dapat melibatkan Para Pihak Terkait yang memahami Permainan Khas Simalungun |
9 |
Pendirian TBM / Perpustakaan / Pojok Baca di setiap Nagori |
Menumbuhkan minat baca pada AUD dan mendukung Gerakan Literasi Nasional. |
Lembaga PAUD, Anak PAUD |
Dapat Dilakukan Kerjasama dengan Dinas Perpustakaan / Penerbit |
Jan - Des |
|
10 |
Pelatihan Wirausaha Bagi Guru PAUD |
Memberikan Edukasi tentang kewirausahaan bagi Guru PAUD |
Guru PAUD |
Dapat Dilakukan Kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM/ Dinas Tenaga Kerja/ Dinas Perindag |
Agustus |
|
11 |
Pemberian Tali asih bagi Guru PAUD di daerah terpencil |
Sebagai Motivasi untuk Para Guru PAUD yang tetap mengabdi ditengah situasi apapun |
Guru PAUD |
Bantuan dapatdiberikan dalam bentuk apapun sesuai dengan keadaan/ ketersediaan |
Jan – Des |
|
12 |
Pemberian Tali Asih untuk Anak Berkebutuhan Khusus |
Sebagai Bentuk Keperdulian Bunda PAUD kepada Anak PAUD yang bekebutuhan Khusus |
Anak PAUD Berkebutuhan Khusus di Lembaga PAUD / Rumah Ramah ABK |
Bantuan dapatdiberikan dalam bentuk apapun sesuai dengan keadaan/ ketersediaan |
Jan – Des |
|
13 |
Apresiasi Guru PAUD |
Memberikan Penghargaan Bagi Guru PAUD yang berprestasi dan inspiratif |
Guru PAUD |
Penyelenggaraan / Jenis Lomba Disesuaikan Dengan Apresiasi di Tingkat Pusat |
September |
Tim juri terdiri dari Pokja Bunda PAUD, Praktisi, Akademisi |
14 |
Senam bersama Bunda PAUD dan Pemberian Makanan Tambahan Sehat. |
Membangun kebersamaan Bunda PAUD dengan Anak PAUD dan mengedukasi makanan sehat untuk AUD |
Anak PAUD, Bunda PAUD Kabupaten, Kecamatan, Nagori/ Kelurahan |
Dapat dilaksanakan di Lokasi PAUD yang jadwalnya menyesuaikan dengan kunjungan lainnya. |
Jan - Des |
Senam Anak PAUD, Lagu Anak PAUD Simalungun, Lagu Daerah Simalungun |
15 |
Penyerahan KIA kepada Anak PAUD |
Dukungan Bunda PAUD dalam memenuhi salah 1 hak anak yaitu Sebagai Identitas Anak PAUD. |
Anak PAUD, Bunda PAUD Kabupaten, Kecamatan, Nagori/ Kelurahan |
Bekerjasama dengan Disdukcapil |
Agustus |
Penyerahan dilakukans secara simbolis pada momentum terkait anak |
Ketua : KEPALA DINAS PENDIDIKAN SIMALUNGUN
Wakil Ketua : Kabid PAUD & PNF
Anggota :
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
METODE |
WAKTU |
KETERANGAN |
1 |
Sinkronisasi antar Dinas yang berhubungan dengan urusan PAUD. |
Agar terjadi kesinambungan antar OPD. |
a. Dinas Pendidikan b. Dinas Kesehatan c. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak d. OPD terkait PAUD HI Lainnya |
Dibuatkan instruksi Bupati untuk peningkatan mutu PAUD di kabupaten. |
Januari |
Agar tidak terjadi ego sektoral dalam penanganan PAUD, diadakan sinergi yang kuat antar OPD. |
2 |
Sosialisasi program PAUD |
Tercapainya pengertian substansi PAUD yang benar pada setiap stake holder. |
a. Dinas Pendidikan b. Dinas Kesehatan c. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak d. OPD terkait PAUD HI Lainnya |
Sosialisasi dilaksanakan sesuai dengan bidang tugas dari masing- masing stake holder. |
Februari s/d Desember |
Agar semua lembaga dan personel yang menanganinya dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai PAUD. |
3 |
Peningkatan kapasitas Bunda PAUD HI. |
Agar dalam pelaksanaan pengelolaan PAUD unsur pendidikan, kesehatan dan pengetahuan orangtua tentang pendidikan dan Kesehatan dapat meningkat. |
a. Bunda PAUD Kecamatan b. Pendidik c. Pengelola PAUD se- Kabupaten Simalungun |
Diklat berjenjang untuk Bunda Kecamatan dan Kelurahan/Nagori serta Pengelola dan Pendidik. |
April s/d November |
Agar Holistik Integratif pada PAUD terintegrasi secara baik. |
4 |
Mengadakan lomba tentang kualitas mutu penyelenggaraan satuan PAUD. |
Memajukan tata kelola kelembagaan, penyelenggaraan, aktivitas pembelajaraan, administrasi kelembagaan. |
Lembaga KB, SPS, TK/RA |
Penilaian setiap wakil dari Pokja Bunda Paud dan Praktisi |
Oktober - Nopember |
Juara/ Pemenang diberikan apresiasi yang pantas. |
5 |
Melaksanakan ToT tentang parenting |
Penyamaan pengertian pentingnya PAUD. |
Pokja Bunda Paud Kabupaten |
Untuk memberikan pembekalan profesi parenting yang bersertifikasi |
Januari s/d Desember |
|
6 |
Fasilitasi Inklusif PAUD |
Upaya untuk menata pemenuhan hak memperoleh pendidikan bagi anak usia dini yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga mereka dapat menikmati layanan yang berkualitas, Inklusif dan berkesetaraan. |
a. Dinas Pendidikan b. Pengelola PAUD se- Kabupaten Simalungun c. Pendidik d. Dinas Kesehatan |
Melaksanakan pembelajaran, melakukan bimbingan, serta menyediakan sarana dan prasarana |
Januari s/d Desember |
Agar semua lembaga dan personel yang menanganinya dapat meningkatkan pengetahuannya mengenai pendidikan Inklusif PAUD |
7 |
Fasilitasi PAUD – HI |
Terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik- Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas,ceria,dan berakhlak mulia |
a. Dinas Pendidikan b. Dinas Kesehatan c. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak |
Sosialisasi terkait Pelaksanaan PAUD - HI dilakukan secara stimultan, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan |
Januari s/d Desember |
Mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah dan pusat |
8 |
Pembinaan dan Manajemen PAUD |
Meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan manajemen PAUD |
a. Dinas Pendidikan b. Pendidik c. Pengelola PAUD se – Kabupaten Simalungun |
Melakukan Monev penilaian dan pelaporan dari semua lembaga PAUD terkait peningkatan mutu Pendidikan dan manajemen PAUD |
Januari s/d Desember |
Untuk lembaga PAUD berprestasi yang mendapatkan penilaian dan pelaporan yang sesuai dengan kriteria, maka akan mendapatkan reward |
9 |
Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka / SIMPKB/ dll |
Meningkatkan pemahaman para Penngelola PAUD tentang Program- program yang terbaik untuk diterapkan di Lembaga PAUD saat ini. |
a. Dinas Pendidikan b. Pendidik c. Pengelola PAUD se – Kabupaten Simalungun |
Sosialisasi dapat dilaksanakan dan diimbaskan di Pusat Kerja Gugus PAUD |
Januari s/d Desember |
|
10 |
Menyelenggarakan pentas seni, Out bond PAUD |
Meningkatkan kreatifitas anak PAUD serta memperkenalkan program pariwisata yang ada diKabupaten Simalungun kepada anak PAUD |
a. Dinas Pendidikan b. Pengelola PAUD se – Kabupaten Simalungun c. Dinas Pariwisata |
Melaksanakan lomba pentas seni untuk anak – anak PAUD dan kegiatan Outing class PAUD |
Januari s/d Desember |
Dapat Bekerjasama dengan Diparbudekraf |
Ketua : KEPALA DINAS KESEHATAN SIMALUNGUN
Wakil Ketua : Kepala Puskesmas Rambung Merah
Anggota :
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
METODE |
WAKTU |
KETERANGAN |
1 |
Pemberian vitamin A. |
Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare. Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap. Mencegah kelainan pada sel–sel epitel termasuk selaput lender mata. |
Anak umur 3 s/d 5 tahun / Anak PAUD |
Pemberian imunisasi vitamin A. |
Februari dan Agustus |
Di Posyandu dan Sekolah PAUD. |
2 |
Pelayanan Posyandu. |
Pemantauan Pertumbuhan Balita. |
Anak umur 3 s/d 5 tahun / Anak PAUD |
Penimbangan berat badan dan tinggi badan. |
Setiap bulan sekali, Januari s/d Desember |
Di Posyandu. |
3 |
Penyuluhan Kesehatan. |
Memampukan Masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka. Menciptakan suatu keadaan, yakni perilaku dan lingkungan yang kondusif bagi kesehatan |
Anak umur 3 s/d 5 tahun / Anak PAUD |
Media lembar balik, leaflet, dan poster |
3-6 kali/Minggu selama bulan Januari s/d Desember |
Di Posyandu atau Sekolah PAUD. |
4 |
Screening Kesehatan. |
Salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik. |
Anak umur 3 s/d 5 tahun /Anak PAUD |
Kuesioner KSPS dan formulir DDTK. |
Agustus |
Di Posyandu dan Sekolah PAUD. |
5 |
Pengukuran Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK). |
Kegiatan atau pemeriksaan yang bertujuan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pada Balita dan Anak. |
Anak umur 3 s/d 5 tahun /Anak PAUD |
Menggunakan alat timbang bayi, alat ukur bayi, menggunakan kartu-E dan Microtois. |
Juni dan Oktober |
Di Posyandu dan Sekolah PAUD. |
6 |
Pemberian obat cacing. |
Mencegah stunting pada anak. Kondisi stunting ini ditandai dengan pertumbuhan tinggi anak yang tidak sesuai dengan usianya. |
Anak umur 3 s/d 5 tahun /Anak PAUD |
Umur 3 tahun dosis 1 tablet albendazole 400mg. |
Agustus |
Di Posyandu. |
7 |
Edukasi Guru Tentang Pencegahan Stunting |
Untuk meningkatkan kapasitas Guru dan pengetahuan Guru dalam melaksanakan tugasnya, pemberian makanan tambahan bagi siswa PAUD di Lembaga. |
Anak umur 3 s/d 5 tahun /Anak PAUD |
Sosialisasi. |
Agustus |
Dilakukan di Puskesmas atau Dinas Kesehatan. |
8 |
BIAS |
Memberikan kekebalan pada tubuh. |
Anak umur 3 s/d 5 tahun Anak PAUD |
Pemberian imunisasi. |
November dan Desember |
Di Sekolah PAUD. |
Ketua : KEPALA BAGIAN HUKUM SEKRETARIAT DAERAH
Wakil Ketua : Kepala Bidang Sosbud Bappeda Simalungun
Anggota :
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
METODE |
WAKTU |
KETERANGAN |
1 |
Pembuatan profil Bunda PAUD. |
Profil Bunda PAUD. |
Bunda PAUD dan PAUD. |
Pembuatan profil. |
Januari |
Koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Simalungun. |
2 |
Sosialisasi program kerja Bunda PAUD. |
Diketahui oleh masyarakat untuk program Bunda PAUD. |
Bunda PAUD tingkat kecamatan. |
Presentasi dan Diskusi. |
Terjadwal |
Tim Pokja PAUD. |
3 |
Pembuatan website yang bisa menempel di Simalungun.go.id |
Masyarakat bisa mengakses semua layanan dan program kerja Bunda PAUD. |
Masyarakat. |
Pembuatan website. |
Satu Kali |
Koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Simalungun. |
4 |
Pembuatan saluran sosial media (grup whatsapp, instagram dan facebook). |
Masyarakat bisa berkomunikasi dengan baik dengan Pokja PAUD. |
Masyarakat. |
Pembuatan saluran sosial media. |
Satu Kali |
Koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Simalungun. |
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
METODE |
WAKTU |
KETERANGAN |
5 |
Open House ramah anak. |
Mengenalkan profesi pejabat pemerintahan, kesempatan bermain (terjadwal) |
Bunda PAUD, Guru PAUD dan Anak PAUD. |
Kunjungan ke Rumah Dinas Bupati. |
Terjadwal |
Koordinasi dengan bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bupati, Bunda PAUD serta Guru PAUD. |
6 |
Pembuatan channel saran dan masukan untuk Bunda PAUD. |
Menerima masukan dari masyarakat urgensi dari program Pokja Bunda PAUD. |
Masyarakat . |
Pembuatan aplikasi. |
Satu Kali |
Koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Simalungun. |
7 |
Pembuatan aplikasi entri data dari PAUD, murid dan demografi, sarana dan prasarana, guru dan sebagainya. |
Presentasi demografi data PAUD terkini. |
Sinkronisasi dengan Data Program Didik dan EMIS. |
Sinkronisasi dengan Data Program Didik dan EMIS. |
Terjadwal |
Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama |
8 |
Inisiasi kerjasama dengan institusi terkait dan CSR. |
Kerjasama peningkatan fisik dan non fisik untuk Bunda PAUD. |
Institusi (Kampus Merdeka Belajar) dan Perusahaan yang berpotensi CSR. |
Inisiasi kerjasama. |
|
Institusi dan Perusahaan CSR |
9 |
Perlindungan anak dan stop bullying. |
Membentuk sekolah ramah anak. |
Sekolah |
Monitoring dan evaluasi sekolah ramah anak. |
Terjadwal |
Puspa dan OPD |
10 |
Memberikan advokasi, mensosialisasikan, memfasilitasi dan memberikan informasi kepada OPD terkait yang berhubungan dengan layanan pendidikan. |
Masyarakat bisa mendapatkan akses advokasi. |
Wali PAUD dan Sekolah |
Pendampingan dan konsultasi teknis. |
Terjadwal |
OPD terkait. |
KEGIATAN KHUSUS PROGRAM PAUD HOLISTIK INTEGRATIF
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
METODE |
WAKTU |
KETERANGAN |
1 |
Sosialisasi Instrumen Paud HI |
Mensosialisasikan kepada Satuan PAUD |
Satuan Paud di Tingkat Kecamatan. |
Sosialisasi dan Rapat Tim Pokja Bunda PAUD. |
Menyesuaikan |
Stake holder |
2 |
peningkatan kapasitas SDM PAUD. |
Terlatihnya peningkatan SDM pengetahuan tentang PAUD HI. |
Bunda PAUD di setiap jenjang. |
Terintergrasi dengan Dinas Pendidikan |
Menyesuaiakan |
- |
3 |
Monitoring dan evaluasi kelembagaan PAUD HI. |
Terbentuknya lembaga PAUD yang Holistik Integratif. |
Lembaga/satuan PAUD. |
Mendata, mengevaluasi lembaga PAUD HI. |
Januari s/d Desember |
- |
4 |
Penyusunan SOP PAUD HI di satuan Pendidikan masing-masing. |
Bekerja sesuai standar untuk meningkatkan kualitas Paud HI |
Lembaga/satuan PAUD. |
Juknis PAUD HI. |
Menyesuaikan |
- |
-5 |
Rencana Tindak Lanjut LHP ( Laporan Hasil Pengawasan ) |
Pembinaan dari hasil temuan kelemahan pada setiap layanan. |
Pokja Bunda PAUD Kabupaten. |
Rapat Koordinasi. |
Menyesuaikan |
- |
Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasholan Sinaga menghadiri pengukuhan Bunda PAUD Nagori da...
“PROFESI GURU PAUD MERUPAKAN PROFESI YANG MULIA” Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Simalungun Ny. Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga...
(Transisi PAUD-SD Kelas Awal yang menyenangkan)