PAIMA TOKKIN.....

  • Sabtu, 20 April 2024

Peringatan HAN Ke-39 Tahun 2023 Di Kabupaten Simalungun Dipusatkan Di Sei Mangkei

Peringatan HAN Ke-39 Tahun 2023 Di Kabupaten Simalungun Dipusatkan Di Sei Mangkei

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH di wakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Ramadhani Purba menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Tahun 2023 di Kabupaten Simalungun dipusatkan di Lapangan Bolakaki Sei Mangke Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun, Sumut, Rabu (23/8/2023).

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Asisten Ekbang menyampaikan, tujuan penyelenggaraan HAN sebagai bentuk penghormatan Perlindungan dan Pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa serta sebagai amanat UU No. 23 Tahun 2022 tentang Perlindungan Anak.

Melaui kegiatan ini saya meminta kepada kita yang hadir, baik OPD Lembaga masyarakat, dunia usaha dan media untuk saling mendukung dan melengkapi serta bersinergi demi kepentingan terbaik bagi anak di Kabupaten Simalungun,kata Bupati.

Disampaikan Bupati, anak adalah amanah bagi kita yang perlu di lindungi dan di penuhi haknya sesuai prinsip hak anak non diskriminasi,kepentingan terbaik bagi anak, hidup tumbuh kembang, Partisipasi dan suara anak.

Saya berharap peringatan hari anak nasional ini bukan sekedar acara serimonial saja dan bukan tujuan akhir, namun Implementasi Pemenuhan dan Perlindungan Anak harus menjadi tujuan dari pemerintah dan masyarakat Kabupaten,harap Bupati.

Sementara itu, Bunda PAUD Simalungun Ratnawati Radiapoh Hasiholand Sinaga dalam sambutannya menyampaikan bawah, kualitas pendidikan anak anak di Simalungun merupakan tanggung jawab bersama.

Menurut Ratnawati, orang tua memiliki peran yang penting dalam kualitas pendidikan anak. “Kita tidak bisa memberikan semua tanggung jawab ini kepada guru saja, tapi harus ada peran penting kita sebagai orng tua dalam mendidik dan memberikan kualitas yang baik untuk anak-anak kita,”katanya.

Selanjutnya Ratnawati menyampaikan, apa yang menjadi kebutuhan anak adalah kewajiban orang tua, termasuk gizi dan tumbuh kembang anak. “Kita sebagai orng tua, juga tidak boleh banyak menuntut anak itu lebih baik kalo gizi nya kita tidak penuhi,”ujarnya.

Ratnawati berpesan kepada para Guru dan orang tua agar melakukan atau membuat program pertemuan antara Guru dan orng tua agar bisa melihat tumbuh kembangnya pendidikan anak-anak. “Kepada ibu dan bapak Guru agar memberikan perhatian kepada setiap murid dan tidak boleh membedakan bedakan siapa anak itu,”kata Ratnawati.

“Kepala sekolah juga punya peran penting dalam lingkungan sekolah bagaimana lingkungan itu nyaman aman bagi anak didik kita terlebih kebersihan lingkungan sekolah itu,”pinta Ratnawati.

Diakhir sambutannya, Ratnawati menyampaikan, agar anak menjadi anak anak yang baik, yang harus dilakukan sebagi orang tua adalah memberikan perhatian.

Sebelumnya, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sri Wahyuni dalam laporan nya menyampaikan, kegiatan HAN Ke-39 Tahun 2023 di rangkai dengan kegiatan lomba mewarnai tingkat PAUD, melukis tingkat SD dan Pidato tingkat SMP yang di laksanakan pada 14 Agustus 2023 di Balai Harungguan Djabanten Damanik.

“Pada hari ini kita memperingati hari puncak Hari Anak Nasional ke 39 tanggal 23 Agustus 2023 di Sei Mangkei bertujuan untuk peningkatan peranan pelopor, dan pelopor menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak,”kata Sri Wahyuni.

Selain itu, Sri Wahyuni mangatakan, Peringatan HAN juga dalam rangka penciptaan ruang berkualitas, peningkatan pengasuhan keluarga dalam upaya pencegahan kekerasan dan eksploitasi terhadap anak, pemberian edukasi bagi orang tua ataupun anak mengenai pencegahan perkawinan anak.

Sri Wahyuni juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan sinergitas Dinas PPPA dan Bunda PAUD Se-Kabupaten Simalungun. Di mana kegiatan menciptakan lingkungan yang aman, pemenuhan hak anak di setiap instansi dan juga ruang publik, yang merupakan tugas kita bersama. “Dan dalam hal ini terkhusus bagi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,”katanya.

“Kami juga mengucapkan trimakasih atas kehadiran Bunda Paud Kabupaten Simalungun dan para ibu Bapak camat serta anak anak kita yang turut mensukses kan kegiatan pada hari ini,”sambung Sri Wahyuni.

Dalam kesempatan itu, Bunda PAUD secara simbolik memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) yang di keluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Simalungun.

Tercatat, KIA yang sudah di cetak oleh Disdukcapil dan akan di bagikan sebanyak 153 lembar KIA. Bagi masyarakat Simalungun yang memiliki anak, untuk memperoleh KIA wajib melampirkan Akte Kelahiran.

Selanjutnya sebanyak 50 orang anak di ajak untuk melihat Pabrik Aice yang berlokasi di KEK Sei Mangkei untuk melihat bagaimana proses pembuatan ice cream.

Tentang Penulis
Penulis di Bunda Paud Simalungun Sejak 20 November 2021
Lihat Semua Post